Manfaat memaafkan untuk kesehatan

Secara ilmiah, memaafkan kesalahan orang lain dapat bermanfaat baik bagi kesehatan fisik maupun mental. 

Dikutip dari Website RS Hermina, Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari memaafkan orang lain :


1. Hindari tekanan darah tinggi. 

Para peneliti University of California, San Diego menemukan bahwa orang-orang yang bisa melepaskan kemarahannya dan memaafkan salah orang lain cenderung lebih rendah risikonya mengalami lonjakan tekanan darah.


2. Terhindar dari Risiko Penyalahgunaan Obat dan Alkohol. 

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa rasa dendam dan permusuhan dapat memicu tekanan darah tinggi. Stres muncul ketika kita merasa kecewa atau tersakiti. Memaafkan adalah sebuah proses perdamaian dengan diri sendiri. Seseorang yang memberi maaf justru akan merasa rileks untuk menerima kondisinya.


3. Turunkan Risiko Serangan Jantung. 

Para ilmuwan membuktikan bahwa permintaan maaf yang ditujukan pada seseorang bisa meningkatkan kesehatan jantungnya. Orang yang mengalami perlakuan kasar akan mengalami peningkatan tekanan darah yang memicu serangan jantung. Namun ketika mendengar kata “maaf”, tekanan darah akan menurun kembali.


4. Mencegah kanker. 

Hal ini berhubungan dengan kurangnya memaafkan dan menyimpan kebencian, dapat mencetuskan keadaan cemas. Hal ini, akan berpengaruh terhadap peningkatan adrenalin dan korsitol, yang akan menimbulkan kerentanan seseorang terhadap kanker.


5. Jauh dari Stres dan Depresi. 

Penelitian yang dimuat Personality and Social Psychology Bulletin menemukan bahwa memaafkan secara positif dapat mengurangi gejala depresi. Tak hanya itu, memaafkan akan mengembalikan pikiran positif, dan memperbaiki hubungan. Selain itu, memaafkan juga berkaitan dengan perilaku positif lain seperti sifat dermawan, murah hati dan tidak mudah tertekan.


Mari kita saling memaafkan dan menjaga nikmat kesehatan yang sudah Allah berikan, jangan sampai nanti ada penyesalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Rezeki otomatis mendatangi Kita

Penghalang Kebaikan

Agar Rezeki Kita Berkah dan Belimpah