Agar asam lambung terjaga, puasa tetap terjaga

"aku tahun ini ngak puasa dulu, habisnya asam lambungku suka kambuh"


Jangan panik, karena Ramadhan justru menjadi terapi kesehatan bagi semua penyakit. Tetaplah semangat menjemput pahala dibulan suci dan terapkan tips ini ya!.


Asam lambung atau yang sering kita sebut GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah kondisi melemahnya otot esofagus bagian bawah yang menyebakan terasa nyeri atau seakan terbakar bagian dada terlebih setelah makan, berbaring. Dampak lainnya seperti sendawa berlebihan, sesak nafas maupun mual, (dr Tjin Willy, 2019).


Ketika asam lambung naik jangan panik. Cobalah untuk rilex, pastikan posisi badan senyaman mungkin, longgarkan pakaian atau ikat pinggang, (Afifah dalam Kompas 2021).


Sentuh bagian yang sakit dan berdzikir atau membaca surat Al-Fatiha. Almarhum Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya menyebutkan bahwa “Surah Al-Fatihah boleh menjadi doa dalam air minum kita".


Terakhir, cegah dengan menjaga pola makan, hindari makanan pedas, asam, dingin dan bersantan. Kurangi gula, garam, gorengan dan tepung juga susu. Atur stres sebaik mungkin dan lapangkan hati, jauhkan dari prasangka buruk.


Stop rokok. Kurangi sambal, coklat, kopi, daging merah, kubis, soda dan keju. Perbanyak konsumsi pepaya, timun, jahe, oatmeal, alpukat, tahu, kemangi, melon. Minum suplemen imunitas secara rutin, (dr. Zaidul Akbar 2021).


Konsumsi British Propolis saat sahur dan berbuka setiap hari. Insyallah asam lambung, kolesterol, diabetes, asam urat dan lainnya bertahap kian pulih.

Note : untuk mendapatkan BRITHIS PROPOLIS anda bisa mengunjungi Tokopedia atau klik di sini.

Salam sehat,


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Rezeki otomatis mendatangi Kita

Penghalang Kebaikan

Agar Rezeki Kita Berkah dan Belimpah