Pentingnya Menjaga Lisan

Rasulullah ﷺ dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari bersabda bahwa, keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan. Penting untuk menjaga lisan. Sebab lisan diibaratkan pisau yang apabila salah menggunakannya akan melukai banyak orang.

Pentingnya kita menjaga lisan/lidah kita, karena sesungguhnya lisan adalah penerjemah hati dan pengungkap isi hati. Jika ingin mengetahui isi hati seseorang maka perhatikanlah lisannya, isi pembicaraannya. Dan lurusnya lisan/lidah itu berkaitan dengan kelurusan hati dan keimanan orang. 

Seringkali kita tergelincir dalam dosa ketika lidah kita tergoda untuk membicarakan sesuatu yang bahkan tidak kita ketahui asal usul kebenarannya, tanpa mengetahui fatal tidaknya kepalsuan dalam berita itu. Maka ingatlah selalu nasihat dalam hadits berikut : 

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada para sahabat, “Tahukah kalian apa itu ghibah ?” Para sahabat menjawab, “Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui. “Beliau berkata, “Ghibah ialah engkau menceritakan hal-hal tentang saudaramu yang tidak dia suka” Ada yang menyahut, “Bagaimana apabila yang saya bicarakan itu benar-benar ada padanya?” Beliau menjawab, “Bila demikian itu berarti kamu telah melakukan ghibah terhadapnya, sedangkan bila apa yang kamu katakan itu tidak ada padanya, berarti kamu telah berdusta atas dirinya”

(Shahih Muslim hadits no. 2589) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Rezeki otomatis mendatangi Kita

Penghalang Kebaikan

Agar Rezeki Kita Berkah dan Belimpah