Manfaat Mandi Sebelum Subuh dengan Air Hangat

Mandi merupakan sebuah kebutuhan manusia sehari-hari yang ternyata jika dikaji secara ilmiah memiliki banyaj manfaat bagi kita yang melakukannya.

Dilansir detikHealth, berikut beberapa manfaat yang didapat dengan mandi sebelum subuh dengan air hangat.

1. Menyembuhkan sakit kepala
Mandi sebelum subuh dengan air hangat dapat meredakan flu dan juga sakit kepala. Dengan mandi air hangat, memungkinkan Anda untuk menghirup uap air sebagai obat alami. Namun harus diperhatikan kondisi tubuh Anda ketika hendak mandi. Jika terdapat demam, disarankan untuk tidak mandi pada subuh.
2. Melepaskan racun
Manfaat mandi dengan air hangat selanjutnya hampir sama dengan membantu melancarkan sirkulasi darah, yaitu bisa membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh yang menyebabkan Anda berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh itu akan membawa racun dan bakteri dari dalam tubuh Anda.
3. Menurunkan tekanan darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berendam di air panas dapat menurunkan tekanan darah. Ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kondisi jantung tidak sehat. Namun sebelum mandi atau berendam dengan air hangat, Anda yang memiliki masalah jantung untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena bisa meningkatkan denyut jantung.
4. Menghilangkan stres
Jangan terburu-buru saat Anda sedang mandi dengan air hangat. Nikmati hangatnya air yang mengguyur tubuh karena hal ini akan memberikan efek tenang pada tubuh dan bisa menghilangkan stres.
Anda bisa mandi atau berendam dengan air hangat setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, berendam dengan air hangat juga bisa melenturkan otot-otot tubuh yang kaku.
5. Menurunkan kadar gula
Menurut penelitian, orang yang mengalami diabetes dan berendam dalam air hangat secara teratur dapat menurunkan kadar gula dan glukosa dalam darah. Anda bisa berendam kurang lebih 20-30 menit sehari dan melakukannya enam kali dalam seminggu, dan lihatlah hasilnya. Namun hal ini akan percuma jika tidak dilakukan dengan pola hidup yang sehat.

Namun, mandi sebelum subuh dengan air hangat juga harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Mandi dengan air hangat yang terlalu lama atau terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengurangi kadar minyak alami pada kulit.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh jika tidak mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Rezeki otomatis mendatangi Kita

Penghalang Kebaikan

Agar Rezeki Kita Berkah dan Belimpah